Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buah Kurma Dan manfaat didalamnya

 

Buah Kurma Dan manfaat didalamnya

Buah kurma adalah buah yang sangat khas sekali untuk dimakan setelah berpuasa satu hari penuh, rasanya yang manis dan dianjurkan oleh rasulullah saw, yang dimana buah kurma selain manis ini mempunyai manfaat yang banyak untuk kebutuhan tubuh setelah sehabis berpuasa lamanya.

Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut.

1. Membantu merasa kenyang lebih lama

Kurma adalah buah-buahan yang kaya serat makanan larut, terutama pektin. Serat-serat ini menarik air, meningkatkan fluiditas isi lambung, karena itu memperpanjang waktu yang dihabiskannya di lambung dan memberikan perasaan kenyang.

2. Meningkatkan sistem imunitas 
Studi menunjukkan bahwa kurma memiliki efek merangsang pada sistem kekebalan tubuh. Efek kurma ini dikaitkan dengan kandungan beta-glukannya, yang merupakan polisakarida, jenis karbohidrat yang lebih baik dan lebih kompleks yang disarankan oleh para dokter untuk dikonsumsi.

3. Mengurangi konsumsi gula 
Setelah lama kelaparan karena puasa, tubuh kita mengarahkan kita ke sumber-sumber dengan karbohidrat tinggi, yaitu makanan manis, sehingga gula darah kita dapat dengan cepat kembali ke tingkat normal.

4. Mencegah sembelit.
Makanan seperti kurma dengan serat tinggi punya peran penting dalam diet sehat. Agar semuanya berjalan lancar, ahli diet merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 20 hingga 30 gram serat sehari.

5. Membantu Melancarkan Proses Persalinan Normal
Manfaat buah kurma yang satu ini pasti sangat diminati oleh ibu hamil. Bila Anda makan kurma tiap hari selama beberapa minggu terakhir sebelum lahiran, itu bisa membantu melancarkan persalinan normal.

6. Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang
Bukan cuma air kelapa, lho, yang bisa membantu membantu elektrolit yang hilang, kurma pun bisa! Dengan kadar potasium yang tinggi, yaitu salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh, kurma juga bermanfaat untuk menguatkan tubuh sekaligus membangun otot dalam tubuh.

7. Melindungi Tubuh dari Peradangan
Untuk membuat tubuh terlindungi dari berbagai macam jenis radang, kita membutuhkan asupan antioksidan yang cukup, salah satunya dari polifenol. Buah yang satu ini kaya akan polifenol ketimbang buah lain.

Kandungan Nutrisi Buah Kurma

Sebagai informasi, Anda dapat membedakan kurma segar dan kurma yang dikeringkan dengan melihat kulitnya. Jika kulit kurma berkerut, berarti kurma tersebut sempat dikeringkan demi pengemasan yang baik.

Nah, bila kulit kurma masih halus, berarti itu adalah kurma segar. Jangan khawatir, keduanya tetap memiliki manfaat yang sama. Sesuaikan saja dengan selera Anda. Sebagian orang ada yang menyukai kurma kering karena tidak lengket di tangan.

Beralih ke kandungan kurma, adapun kandungan yang ada di dalam buah legit berwarna cokelat tua itu, antara lain

  • Kalori: 281 kcal per 100gr
  • Lemak total: 0.03 gr
  • Karbohidrat total: 5.33 gr
  • Serat: 0.6 gr
  • Gula: 4.5 gr
  • Protein: 0.17 gr
  • Vitamin B6: 0.012 mg
  • Zat besi: 0.07 mg
  • Magnesium: 3 mg
  • Potassium: 47 mg
Muhammad hanapi
Muhammad hanapi Saya adalah muhammad hanapi pemilik dari blog ini, semoga saja artikel yang terdapat pada blog ini bermanfaat bagi anda.

Posting Komentar untuk "Buah Kurma Dan manfaat didalamnya"