Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Puasa Dan Hal - Hal Yang Membatalkan Puasa



Pengertian Puasa Dan Hal - Hal Yang Membatalkan Puasa


Halo geng gimana kabarnya puasanya lancar? semoga lancar ya sampe 30 hari full.

Ya, saat masih kecil kita disuruh puasa oleh orang tua kita untuk merasakan tidak makan selama 30 hari seperti orang - orang yang berada dijalanan, Puasa 30 hari hukumnya wajib bagi mereka yang muslim dan bagi mereka yang tidak berhalangan, ada pun pengertian Puasa adalah :

Puasa adalah menahan nafsu, dan tidak diperbolehkan makan dan minum dari dari kita sahur (Makan Malam Pukul 3) hingga sore/Berbuka, berpuasa dalam artian juga untuk berperang, berperang bukan berarti berperang menggunakan senjata tajam tetapi berperang dengan hawa nafsu.

Lalu apa saja yang membatalkan puasa?

Sebenranya hal yang membatalkan puasa terdapat banyak jumlahnya tetapi kami akan memberikan beberapa contoh yang membatalkan puasa, jika kurang, kamu bisa bertanya tentang Puasa dengan Guru ngaji atau ustadz yang berada desa kamu yaaa....




1. Makan dan Minum

Makan, minum, dan segala sesuatu yang masuk melalui lubang pada anggota tubuh pada siang hari (waktu berpuasa), jika dilakukan secara sengaja, maka akan membatalkan puasa. Namun makan atau minumnya seseorang yang lupa, tidak membatalkan puasa.

2. Berhubungan intim dengan istri maupun bukan istri.

Orang yang melakukan hubungan intim dengan sengaja di antara waktu fajar terbit hingga matahari terbenam, berarti puasanya batal. Suami-istri yang demikian, maka wajib mengganti puasa yang gugur itu di luar bulan Ramadhan.

Selain itu, mereka juga harus membayar kafarat salah satu dari tiga pilihan, yaitu memerdekakan seorang budak, atau jika tidak mampu mesti berpuasa 2 bulan berturut-turut, atau jika tidak mampu, harus memberi makan 60 orang miskin.

3. Muntah yang disengaja.

Seseorang yang sengaja muntah, ataupun memasukkan benda ke dalam mulut hingga muntah, maka akan batal puasanya. Sebaliknya, jika muntah itu tidak disengaja, atau terjadi karena sakit, maka puasanya tidak batal. 

4. Keluar air mana dengan sengaja.

Keluar air mani yang terjadi karena bersentuhan kulit meskipun tanpa hubungan seksual juga membatalkan puasa. Keluarnya mani ini baik dalam konteks masturbasi (onani) ataupun sentuhan dengan pasangan. Namun, jika mani keluar karena mimpi basah, maka hal ini dikategorikan tidak sengaja, sehingga puasa tidak batal.

5. Haid atau Nifas

Haid atau datang bulan bagi perempuan juga akan membatalkan puasa. Perempuan yang mengalami haid saat Ramadhan dapat menggantinya dengan puasa sejumlah hari haid di luar bulan puasa. Hal yang sama juga berlaku untuk nifas, ketika perempuan mengeluarkan darah akibat proses melahirkan.

6. Gila.

Orang yang gila atau gangguan kejiwaan, orang yang tidak diperbolehkab berpuasa karena jiwanya tidak diwajibkan lagi, teman - teman bisa mencari infonya di guru ngaji/ ustadz yang berada didesa teman - teman.

Baiklah semoga bermanfaat ya teman - teman, semoga puasa kalian lancar terus dan sehat hingga 30 hari puasa dan seterusnyaa yaaa, Baiklah sekian dan sampai jumpa.

Oleh : Mythingstips.my.id
Muhammad hanapi
Muhammad hanapi Saya adalah muhammad hanapi pemilik dari blog ini, semoga saja artikel yang terdapat pada blog ini bermanfaat bagi anda.

Posting Komentar untuk "Pengertian Puasa Dan Hal - Hal Yang Membatalkan Puasa"